Tips dalam melakukan Investasi Emas

19 Jul

Jika Anda berinvestasi emas dalam jangka pendek, biasanya akan sulit mendapatkan keuntungan jika bentuk perhiasan emas. Hal ini dikarenakan Anda juga harus membayar harga emas plus ongkos pembuatannya. Nah, ketika suatu saat Anda menjualnya kembali, maka toko tersebut tidak akan membayar ongkos pembuatannya. Ia hanya akan membayar harga emasnya saja. Oleh karena itu, investasi emas perhiasan lebih menguntungkan kalau disimpan untuk jangka panjang karena harga perhiasan akan naik jauh dibandingkan ketika Anda membelinya. Emas perhiasan tersedia dalam berbagai karat, mulai dari 18 karat sampai 24 karat. Namun, jika ingin berinvestasi, akan menguntungkan jika Anda memilih emas 24-karat. Hal ini karena nilai dari perhiasan emas akan jauh lebih besar ketika Anda menjualnya kembali, dibandingkan dengan perhiasan emas 18-karat.

Investasi emas yang baik adalah investasi dalam bentuk emas batangan. Siapapun tak menyangkal bahwa emas batangan mudah untuk dijual kembali. Selain itu, emas batangan tidak meminta ongkos pembuatan seperti halnya emas perhiasan. Dengan demikian, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan investasi dalam bentuk emas batangan.

Investasi Emas ONH (Investasi Haji)

Anda juga bisa berinvestasi dalam Koin Emas ONH (Biaya Haji). Artinya, koin emas ini diharapkan dapat menjadi alternatif investasi bagi mereka yang ingin menabung untuk mempersiapkan biaya ibadah haji. Harganya sama dengan harga emas yang mengikuti harga mata uang asing (dolar AS) serta aman terhadap inflasi.

Sebelum berinvestasi di emas, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan arus kas anda sendiri, apakah Anda memiliki uang yang cukup besar dan dapat diinvestasikan dalam jangka panjang. Jangan biarkan dana yang anda investasikan dalam emas diambil kembali karena kebutuhan jangka pendek yang timbul di tengah jalan dan memaksa Anda untuk menjual emasnya kembali. Hal ini dapat mengacaukan planing investasi anda.

Emas PT. Antam Tbk

Jika Anda ingin membeli emas dalam bentuk fisik, maka pilihan terbaik adalah dengan membeli emas produksi internasional, seperti produk dari Afrika Selatan, Swiss, Rusia, Cina, Australia, dan sebagainya. Reputasi produsen biasanya memiliki agen penjual yang tersebar di berbagai tempat. Jika Anda jarang bepergian ke luar negeri, Anda dapat membeli emas batangan di PT. Antam Tbk, Pulogadung, Jakarta. Transaksi di perusahaan ini dapat berupa uang tunai, mentransfer, atau menggunakan debet atau kartu kredit.

Menyewa Safe Deposit box

Ada ide yang baik untuk membeli emas yang terlihat tidak terlalu kecil, tapi tidak terlalu besar. Jika jumlah emas Anda belum terlalu banyak, Anda dapat membeli brankas sendiri untuk disimpan di rumah. Anda juga dapat menambahkan asuransi jika setiap saat ada pencurian, kebakaran, kerusuhan atau perlindungan lain untuk memastikan bahwa deposit Anda baik-baik saja. Jika Anda merasa kurang aman, Anda juga dapat menyewa safe deposit box (SDB) di bank dengan biaya tahunan yang relatif rendah. Jika Anda menyimpan emas dalam bentuk koin, Anda juga hati-hati karena meskipun dibungkus dalam kantong pelindung, koin Anda dapat mengalami oksidasi yang menyebabkan perubahan warna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: