Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

20 Apr

Emas menjadi salah satu pilihan yang paling diminati para investor. Kelebihan dana memang harus dikelola dengan baik sehingga terus tumbuh dan memberikan keuntungan. Investor harus selalu memantau perkembangan harga emas saat mereka memutuskan untuk berinvestasi dalam logam mulia ini. Emas diminati banyak orang selama ribuan tahun.

Inilah yang menjadi alasan utama bagi para investor untuk memilih logam mulia ini. Emas telah memikat banyak orang di dunia ini, termasuk para investor. Emas sudah pasti berbeda dengan indeks saham, meskipun emas digunakan sebagai komiditi alternatif bagi para investor yang bermain di bursa saham. Pergerakan nilainya ditentukan oleh banyak faktor.

Emas tidaklah selalu stabil karena harga bisa dipengaruhi berbagai faktor. Hal ini perlu diketahui oleh investor yang ingin menanamkan modalnya untuk logam mulia ini. Komoditi adalah faktor pertama ynag mempengaruhi harga emas. Seperti yang kita ketahui, minyak mentah berperan penting dalam memenuhi kebutuhan kita terhadap energi. Minyak sangatlah penting dalam kehidupan kita karena komoditi ini memberikan konstribusi dalam peradaban manusia.

Seperti barang atau komoditi lainnya, faktor permintaan dan penawaran juga berlaku untuk emas. Jumlah produksi emas dari negara-negara tertentu biasanya diimbangi dengan jumlah permintaan negara-negara dengan peminat komoditi emas terbanyak. Faktor terakhir adalah dollar Amerika. Seperti yang kita ketahui, kondisi politik atau ekonomi di negara ini bisa mempengaruhi naik turunnya emas.

Emas adalah pilihan investasi yang bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi para investor. Namun, seringkali orang mempunyai persepsi yang salah terhadap logam mulia ini. Harga logam mulia ini cenderung naik meskipun ada beberapa faktor yang membuat harganya fluktuatif. Emas tidak bisa menambah kekayaan investor. Emas hanya berfungsi untuk mempertahankan kekayaan pemiliknya karena uang kertas tidak tahan terhadap inflasi. Menyimpan uang kertas di bank bisa disebut sebagai investasi terburuk karena inflasi akan terus membuat nilai mata uang kertas turun. Indeks saham juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk para investor selama mereka paham benar aturan mainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: