Harga Emas, Tetap Aman, Resiko Kecil

6 Dec

Emas akan tetap menjadi  instrument investasi yang paling  aman di tengah luasnya ketidakpastian global atas harga emas yang cenderung stabil. Beberapa peneliti keuangan dan penasehat perusahaan menyatakan bahwa hal ini dikarenakan investor mencari tempat perlindungan  yang aman dengan risiko yang  nstrume rendah bagi asetnya.Pada hari Selasa lalu di Jakarta, pendiri PT Independent Research Advisory Indonesia, Lin Che Wei, mengatakan bahwa emas akan menjadi alat investasi yang paling menguntungkan karena ketidakpastian dari stabilitas dolar AS.  Beliau mengungkapkan bahwa dalam jangka panjang, prospek investasi emas masih baik, karena harga emas terus menunjukkan gerakan ke atas. Hal tersebut diungkapkan setelah seminar tentang prospek  nstrument investasi di tengah krisis global saat ini.

Menurut Wei, tidak seperti investasi saham atau obligasi, penurunan harga emas umumnya bertahap, hal ini menyediakan banyak waktu bagi investor untuk memiliki waktu keluar sementara ekonomi global membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihan.  Diperkirakan bahwa harga logam mulia ini akan terus menanjak dan mencapai sekitar 1.700 dolar AS per ons pada kuartal pertama dan 2.000 dolar AS per ounce pada kuartal kedua tahun depan. Harga emas telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Januari 2000, emas adalah 288,50 dolar AS per ons dan naik menjadi 724,55 dolar AS per ons pada Oktober 2008. Logam mulia ini mencapai rekor tinggi pada Agustus tahun ini di angka 1.825.75 dolar AS per ons sedangkan bulan lalu  menurun menjadi $ 1.714,85.

Selain emas, tanah dan  nstrume juga akan menjadi alat  nstrument yang prospektif di masa krisis, seperti dalam beberapa tahun terakhir harga  nstrument investasi tersebut telah meningkat secara signifikan. Tanah di wilayah Jakarta telah naik lebih dari 20 persen per tahun selama beberapa tahun terakhir dan diperkirakan akan naik pada tingkat yang sama di tahun-tahun mendatang. Untuk tanah kuncinya adalah lokasi. Dalam pasar seperti Indonesia yang sedang tumbuh, dan pada saat harga melonjak, harga tanah akan menjadi lebih cair dari biasanya dan akan lebih mudah untuk dilakukan proses jual beli. Namun halnya untuk membeli tanah dan  nstrume, investor perlu menentukan tujuan investasi. Diantara  nstrument diatas, harga emas yang perbedaan pergerakannya tidak terlalu tajam tetap menjadi emas sebagai pilihan yang paling diminati investor untuk mengamankan asetnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: