Emas Asset Berharga Pelindung Kekayaan Masa Depan

1 Nov

Orang yang melihat pergerakan harga emas yang dinamis mungkin berpikir bahwa masa depan emas akan sama tidak jelasnya dengan kenaikan dan penurunan harga yang drastic belakangan ini. Memang, bila kita melihat keadaan harga emas belakangan ini wajar bila kita merasa was-was dengan masa depan harga emas, terlebih bagi para investor yang menjadikan emas sebagai bentuk investasi jangka panjang karena biasanya mereka membeli emas dalam jumlah gram yang besar.

Meskipun harga emas mengalami pasang surut, dibandingkan dengan bentuk investasi lain tentu saja emas masih sangat menjanjikan. Coba saja kita bandingkan dengan beberapa bentuk investasi popular seperti tabungan jakpa pendek, deposito, asuransi, dan invesatsi dalam saham.

Pertama kita akan melihat investasi logam mulia denga tabungan dan deposito. Bila Anda mencermati lebih dekat, sebenarnya dalam tabungan simpan pinjam jangka pendek bisa dikatakan Anda tidak mendapat bunga yang sepadan bahkan terkadang jumlah tabungan minus akibat pemotongan pajak, biaya servis bank, ATM, credit card, dan masih banyak lagi.

Memang deposito memungkinkan Anda untuk mendapatkan bunga, namun jumlah bunganya tak sepadan dengan tahun yang digunakan untuk deposito, bahkan jika Anda cermat sebenarnya uang tersebut akan beranak lebih banyak bila dinvestasikan dalam bisnis maupun online trading. Tetapi emas tidak seperti itu. Investasi emas memungkinkan Anda mendapat keuntungan yang cukup tinggi dalam waktu 1,5 tahun saja. Bahkan semakin lama Anda menahan emas, semakin tinggi harga jualnya karena persediaan emas sendiri terbatas di dunia.

Meskipun harga emas mengalami perubahan setiap harinya, namun penurunan harga emas biasanya tidak lebih dari Rp20.000 per gramnya. Tentu saja Anda tidak akan merugi besar karena biasanya harga emas yang menurun diawali terlebih dahulu dengan kenaikan harga yang cukup besar.

Untuk predikis harga tahun 2012, bisa dikatakan harga emas akan jauh lebih tinggi dari Rp550.000 per gram untuk kisaran 5 gram. Nah bila ingin mendapat keuntungan dan invesatsi jangka panjang untuk emas, sebaiknya Anda tidak buru-buru menjualnya. Bagi Anda yang suka berkebun emas, sangat disarankan untuk membeli emas begitu Anda tahu bahwa harga emas sedang mengalami penurunan. Biasanya harga emas bisa mengalami penurunan selama 1 minggu jadi Anda tidak perlu khawatir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: